Mencetak Qenerasi Qur'ani

Lembaga Tahsin Qur'an Masjid Ishlah Pariangan: Mencetak Generasi Qur'ani

           Lu'lu bersama Guru Tahsin Qur'an, Ustadz Ismet, S.Pd.I (juara 2 Tahfizh Juz Amma)

           Pariangan merupakan suatu nagari yang beradat dan beragama, mereka seakan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan karena Adat dan Agama merupakan sandi yang saling menguatkan antara yang satu dengan yang lain. ini sesuai dengan faslsafah adat kita "adat basandi Syara', syara' basandi Kitabullah, Syara' mangato adat mamakai, camin nan indak kabua, palito nan indak padam". falsafah adat ini tidak hanya menjadi sebuah syair dalam kehidupan bermasyarakat di Pariangan akan tetapi menjadi landasan hidup dan pegangan bagi masyarakat Pariangan.

            Kompilasi Adat dan Agama ini diakomodir oleh beberapa kegiatan keagamaan seperti Wirid Remaja, Didikan Subuh dan Tahsin Qur'an.

1. wirid Remaja
     Acara Wirid Remaja merupakan Acara Rutin yang dilakukan oleh Remaja Masjid Ishlah Pariangan yang terdiri dari putra dan putri yang memang cinta terhadap Masjid dan Al-Quran. acara ini bertujuan untuk mencetak kader-kader militan dalam membangun agama dan nagari yang ada di Pariangan. melalui wadah ini diharapkan mereka akan mampu untuk berbicara dihadapan umum dan menjadi pemimpin dalam berbagai forum yang ada di Masyarakat ataupun pemerintahan karena tanpa wadah ini, nihil rasanya. pada acara wirid Remaja Ini semua anak akan dilatih untuk menjadi pemandu Acara, Ceramah, Khutbah, Tartil, tilawah dan lain-lain. sehingga besar kemungkinan mereka akan menjadi kader yang sangat dibutuhkan untuk masa yang akan mendatang. penutupan acara ini juga akan diadakan acara tanya jawab keagamaan yang diampu oleh ustadz yang memili kemampuan dalam bidang Dakwah seperti Ustadz Suhaili, M.Pd, Suherdi, S.Ag, Armen, S.Sos.I, Gusnaldi, SHI, ANdika Tri Harnedi, S.Pd.I, Defel Fakhyadi, MA.Hk dan Randa. Mereka merupakan Alumni dari remaja Masjid yang juga berlatih pada wirid remaja tiap malam Sabtu tersebut.


                              (Rapat Evaluasi Wirid Remaja)

2. Didikan Subuh.
     Acara didikan Subuh ini diadakan pada setiap minggu subuh dimana adik-adik ini tidak belajar di Sekolah, acara ini bertujuan membentuk generasi dini yang taat beragama dan tangguh dalam segala penyakit masyarakat. acara ini dipandu oleh Remaja Masjid dimulai dari Shalat subuh berjamaah dan acara-acara lain. didikan subuh ini sudah berlangsung turun temurun dan memberikan efek yang sangat luar biasa terhadap perkembangan anak.

3. Lembaga Tahsin Quran
       salah satu kelebihan RIMISPA (Remaja Masjid Ishlah Pariangan) adalah mengadakan acara belajar Seni Baca Al-Quran pada setiap Minggu Pagi jam 09.30 WIB. acara ini dipandu oleh Qari Tanah Datar yang berprestasi di MTQ Sumatera Barat yaitu Ustadz Ismet, S.Pd.I. acara ini dihadiri oleh anak-anak dan remaja yang memang cinta dalam melantunkan ayat-ayat suci alqur'an. Besar Harapan kami dengan hadirnya acara ini akan menciptakan qori dan qariah Pariangan yang bisa berprestasi di Kabupaten, Provinsi ataupun Nasional.

                               kegiatan tahsin quran


   Alhamdulillah, pada pelaksanaan MTQ kecamatan Pariangan kemaren, beberapa orang anak didikan Tahsin Quran juga diperhitungkan dalam berbagai perlombaan dan berhasil mendapatkan beberapa juara seperti:
a. Lu'lu Humaira          : Juara 2 Tahfiz Juz 1 dan Juz 30
b. Fifi                           : Harapan 3 Tartil Anak-anak
c. Syaifullah Hamdani : Juara 2 Tilawah Remaja
d. Elfira Rosa               : Harapan 3 Tilawah Remaja
e. Uva Adies                : Harapan 1 Musabaqah Syarhil Qur'an (Sebagai Surahan)

insyaallah, mereka berlima akan ikut seleksi nanti pada waktu MTQ Kabupaten Tanah Datar, semoga mereka bisa mengharumkan nama Pariangan dari segi Agama...
besar harapan kami kepada masyarakat Pariangan baik Perantau ataupun yang masih bersedia menghuni kampung untuk selalu mendukung acara ini, jika tidak kita, siapa lagi,,,,,,

Sebagai anak nagari akan kami persembahkan yang terbaik buat desa ini.
Welcome to Pariangan Village
#anaknagaripariangan



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer