Penyampaian Visi dan Misi Bakal Calon Wali Nagari Pariangan: Amanah bukan Popularitas

Rasulullah Pernah bersabda dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالْأَمِيرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ عَلَيْهِمْ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ 

Artinya:
               "setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas                 kepemimpinannnya. Seorang kepala negara akan diminta pertanggungjawaban perihal    rakyat yang dipimpinnya"

Hadis tersebut menjelaskan kepada kita bahwa setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawabannya pada hari kiamat nanti terhadap apa yang kita pimpin. ini dapat kita lihat dari sejarah Sahabat nabi ketika beliau dipercaya menjadi Khalifah Rasyidin.
Umar bin Khattab misalnya; ketika beliau diangkat menjadi Khalifah, dia berkata: 
"Hai orang banyak semuanya
Aku diangkat mengepalai kalian
Dan aku bukanlah yang terbaik diantara kalian
Jika aku membuat kebaikan
Maka dukunglah aku
Jika aku membuat kejelekan
Maka luruskanlah aku
Kebenaran itu suatu amanat
Dan kebohongan itu suatu khianat
Yang terlemah diantara kalian aku anggap yang terkuat sampai aku mengambil dan memulangkan haknya.
Yang terkuat diantara kalian aku anggap yang terlemah sampai aku mengambil hak si lemah dari tangannya.
Janganlah seorangpun diantara kalian meninggalkan jihad
Kaum yang meninggalkan jihad akan ditimpakan kehinaan oleh Allah
Patuhilah aku selama aku mematuhi Allah dan Rasul-Nya.
Bila aku mendurhakai Allah dan Rasul-Nya tidak ada kewajiban patuh kepadaku
Kini marilah kita melakukan sholat
Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada kalian"

ini mengindikasikan bahwasannya menjadi pemimpin itu adalah suatu amanah yang sangat berat bahkan pada awal pidatonya Umar bin Khattab berkata "innalillah wainna ilaihi rajiun" yang bertolak belakang dengan kita yang mengucapkan Alhamdulillah dan terima kasih.

                                    Alhamdulillah pada hari ini 31 Agustus 2017.

          di Nagari Pariangan diadakan penyampaian Visi dan Misi Bakal Calon Wali Nagari Pariangan periode 2017-2023 yang bertempat di Aula Kantor wali Nagari Pariangan. Acara bergengsi ini diadakan oleh PILWANA (Panitia Pemilihan Wali Nagari Pariangan) yang dimotori oleh bapak Irwan Malin Basa, M.Pd yang merupakan Dosen IAIN Batusangkar. Acara tersebut sangat Alot karena dilakukan juga sesi tanya jawab seperti halnya Debat kandidak pemilihan Capres dan Cawapres RI.


      ada beberapa Calon yang akan dipilih oleh Masyarakat Pariangan nantinya pada tanggal 13 September 2013 dimana para calon memiliki Visi dan Misi yang sangat bagus saya rasa... (tapi aplikasinya ntahlah admin ndak tau, maklum kadang janji manis pejabat itu cuma di mulut saja) macam lagunya News Boys "Habis Manis Sepah Dibuang heeeeeee..........
1) April Khatib Saidi (Nomor Urut 1)
    Calon ini Adalah Calon Pertahana yang kembali mendaftar jadi calon wali nagari Pariangan periode sekarang ini. sebelumnya calon ini juga sudah pernah menjadi Wali Nagari Pariangan sebelum jabatannya digantikan oleh wali nagari defenitif. calon ini menurut Admin Cukup Bersahaja dan dengan Anak Muda dan untuk penilaian lainnya mungkin masyarakat sudah tau karena dia sudah pernah menjabat jadi wali nagari Pariangan
  Slogannya adalah "Lanjutkan", Slogan ini cukup familiar ditelinga kita kayak Slogannya...................hmmmmmm. *tebak saja sendiri
      Visi Bapak April Khatib Saidi adalah:
    "Terwujudnya Masyarakat Nagari Pariangan yang Sejahtera, berkeadilan, berbudaya yang     dilandasi Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah"
keren yah........... (kalau ter-aplikasikan) acungan jempol dah... buat Bapak.......
                                                         
2) Muhammad Jamil J. S.Ag Labai Sampono (Nomor Urut 2)
       Calon ini merupakan Salah seorang Ustadz dan penulis lho...... kerenkan kalau pak wali nagari Pariangan seorang penulis terkenal macam Tere Liye, Habiburrahman El-Shirazy,,, bisa-bisa Pariangan Jadi Ikon Produk perfilman di Indonesia karena biasanya kalau buku best seller biasa dijadiin film sama Hanung Bramantyo heee,........e... (Ngawur dah adminnn)..
Buku yang ditulis oleh Ustadz yang satu ini biasanya seputar buku adat nagari Pariangan, keren kan.... dan ada juga tentang agama, pokoknya top dah..........
      Slogannya adalah "Nagari Beradat, Manusia Bermartabat" keren yah.........
     Visi Ustadz Labai Sampono adalah:
     "Terwujudnya Nagari Tuo Pariangan sebagai Pusat Adat, Budaya dan Pariwisata berbasis Adat Basandi syara', Syara' Basandi Kitabullah"
keren pula Visinya yah........... acungan jempol pula buat ustadz yang satu ini.....

3) Drs. Kardinal, MM (Nomor Urut 3)
         Calon ini merupakan salah seorang PNS dan Pejabat pemerintah juga di Kecamatan Pariangan, bapak ini juga cukup berpengalaman dalam hal birokrasi, maklum dia kan juga sudah berkecimpung pula menjadi Kasi di Camat Pariangan dan menjadi Wali Nagari Definitif di Nagari Batubasa..  bapak ini lulusan Magister lohh.... keren kan... Magister Management, berarti dia pintar donk membangun pemerintahan nagari menjadi lebih baik (Manage Of Pariangan Government to best lah..........*maaf bahasa inggris saya acakadul) pokoknya bapak ini berpengalaman dalam hal memanage pemerintahan menjadi lebih baik..
    Slogannya adalah "Jujur, bersih dan terpecaya"
Visi Bapak Kardinal MM adalah:
      "Terwujudnya Nagari Pariangan yang Religius, cerdas, sejahtera dan Bermartabat berlandaskan adat basandi syara', syara' basandi Kitabullah"
(keren yah................. acungan jempol buat bapak Master ini)

4) Elmi Ridha (Nomor Urut 4)
          Calon ini merupakan seorang Wartawan lho...... wuih,,,, keren yah,,,, berarti pengalamannya dalam bidang Politik sangat diperhitungkan yah,,,, kalau saya ndk salah dia calon termuda lho...... bapak ini sangat kritis dalam segala hal karena beliau merupakan seorang jurnalistik dan relasi beliau ke pejabat pemerintahan tingkat 1 dan 2 sangat bagus juga karena pengalaman beliau yang cukup luas dalam bidang politik dan jurnalistik.. bapak
   Visi Bapak elmi Ridha adalah:
   "Terwujudnya nagari yang bermartabat, berkeadilan dan sejahtera dengan berpedoman kepada Adat basandi syara', syara' basandi Kitabullah"
keren yah............... (maaf Slogannya Admin ndk tahu.....)

5) Aswardi St Tumannguang (nomor urut 5)
       Calon Ini pernah menjadi pejabat Nagari periode yang lalu sewaktu pemerintahan bapak "pertahana", dia menjabat sebagai sekretaris Nagari... wuihhhh keren yah, berarti bapak ini sudah berpengalaman pula dibidangnya,, pasti masyarakat pariangan juga sudah tahu kan........ dia juga salah satu pecinta seni di Pariangan, ini terbukti dengan kepiawaian beliau dalam membunyikanalat kesenian talempong dengan berbagai macam irama dan nada... so,,,, anda sudah tau kan....
    Slogannya Adalah "untuk nagari pariangan yang maju dan beradat"
Visi Bapak Aswardi St. Tumannguang adalah:
     "Menjadikan Nagari Pariangan yang maju, sehat, sejahtera, agamis, berkeadilan dan bermasrtabat berdasarkan filosofi adat basandi syara', syara' basandi Kitabullah"
keren yah.................



ini lah Visi dari bakal Calon Wali Nagari pariangan periode 2017-2023....


 Satu Hal yang menjadi tanda tanya yang besar bagi saya Adalah:

      "Bapak-bapak ini inti visi nya satu yaitu mensinergikan antara adat dan budaya Pariangan dengan nilai-nilai ajaran Agama Islam yang terkandung dalam Filosofi adat Minangkabau yaitu Adat Basandi Syara', Syara' basandi Kitabullah sehingga menjadikan Masyarakat yang beradat, beragam dan bermartabat.

Sungguh mulia dan berat tugas yang diemban sama bapak-bapak ini yahhhhhh...... mantap

Syara' = Alquran...... Alquran lho........ kereeeeennnnnnnn



untuk itu masyarakat Pariangan, pada tanggal 13 September 2017 mari kita buktikan janji bapak-bapak kita ini yah karena tugas mereka sangat mulia lho.....

untuk itu "tentukan pilihanmu Sekaraaangggggggggggg" he.....eeeeeee *kayak take me out saja...


Setelah mendengarkan paparan Visi dan Misi Bapak ini, Apa Tanggapan Anda ??/?????
 please Read and Coment


kalau tanya sama Admin siapa yang akan dipilih,,,,,,, Galau Bro.......... Anda ?


Sebagai anak nagari akan kami persembahkan yang terbaik buat desa ini.
Welcome to Pariangan Village
#anaknagaripariangan














Komentar

Postingan Populer