Melestarikan Budaya Minangkabau

Pelestarian Budaya Minangkabau di Pariangan

           Pariangan tidak hanya dikenal sebagai desa beradat dan berbudaya akan tetapi Pariangan juga dikenal dengan masyarakat agamais dan religius. ada beberapa budaya yang berafiliasi dengan agama sehingga penyebaran agama tidak bersifat dogmatis saja akan tetapi juga melebur dengan kebudayaan sehingga ajaran agama tidak menjadi angker (Sorga dan neraka) akan tetapi lebih menyatu dengan hati masyarakat.
              Salah satu budaya yang menyatu dengan Islam adalah dengan Kesenian, ini juga telah dipraktekkan oleh Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam di daerah jawa sehingga  ajaran agama lebih cepat diserap oleh masyarakat. ini juga dilakukan di nagari Pariangan diantara nya dengan Kesenian "Selawat Dulang", kesenian Silawat Dulang berisikan petuah-petuah agama yang dilantunkan melalui syair sehingga lebih enak didengar ketimbang Ceramah yang terkadang para da'i nya bersifat monoton sehingga membuat audiens jadi bosan.


         Selawat Dulang ini berisi petuah agama yang sangat menarik didengar dan sangat menarik untuk didengar. sehingga petuah-petuah cepat menyerap kedalam pribadi audien..

             Afiliasi Kebudayaan dengan Islam Adalah dari segi Pakaian Adat nya, dahulu pakaian Adat tidak ada yang memakai Jilbab, akan tetapi sekarang sesuai dengan ajaran Islam pakaian adat sekarang sudah dikombinasi dengan hijab sehingga menutup seluruh aurat perempauan sehingga tampak kombinasi antara Adat dan Agama Islam.

foto Admin dengan Murid-Murid MTI Pariangan (Acara Perpisahan)

       Dari Pakaian Adat Tersebut terlihat modifikasi antara Adat dengan Hukum Islam, karena perempuannya memakai Hijab yang diperintahkan oleh Agama Islam...

        Selanjutnya dari Tari-tariannya,,, Meskipun Tarian lebih identik dengan Lenggokan tubuh dan memperlihatkan Aurat, akan tetapi tidak terjadi di Pariangan karena untuk Latihan Tari baik tari Piring, tari Indang, Tari Nirmala Dll, mereka tetap memakai Hijab (Jilbab) karena Jilbab sudah merupakan Kewajiban dan Kesadaran Bagi Mereka dan mereka lebih terlihat anggun dan cantik..

Mari Kita Lestarikan Kebudayaan Minangkabau dengan "Mambangkik Batang Tarandam"

Sebagai anak nagari akan kami persembahkan yang terbaik buat desa ini.
Welcome to Pariangan Village
#anaknagaripariangan

Komentar

Postingan Populer