Pulang Basamo: Ajang Silaturrahmi, Palapeh Taragak

PARIANGAN : Event Palapeh Taragak

  Masyarakat Pariangan adalah masyarakat Perantau, Tidak ada Pemuda dan Pemudi yang betah duduk manis dirumah untuk menunggu jodohnya, akan tetapi jika telah menamatkan sekolah baik SMP atau SMA maka mereka akan lebih memilih merantau dari pada hidup dikampung menunggu keajaiban yang terjadi. sesuai dengan pepatah minang:
   ”Karatau madang di hulu, babuah babungo balun, marantau bujang dahulu, di rumah paguno balun, satinggi tabang bangau,baliak juo ka kubangan, sanang bana hiduik di rantau, takana juo kampuang halaman”
falsafah ini secara halus menyuruh anak-anak muda untuk merantau terlebih dahulu karena dengan merantau, mereka akan mengerti artinya hidup dan akan tumbuh rasa cintanya terhadap kampung halamannya.
      Pada dasarnya orang Pariangan Setiap Tahun menjelang Idul Fitri pasti "Mudik" atau "pulang Kampuang", akan tetapi kegiatan pulang basamo ini akan dilakukan secara rutin oleh orang Rantau dengan agenda 3 tahun sekali dan acara pulang basamo ini langsung diakomodir oleh persatuan anak Rantau yang dinamakan dengan IKPS Jaya (Ikatan Keluarga Perantau Pariangan Sakato). dan kemudian Akan dibantu penyelenggaraannya oleh pemuda yang diwadahi oleh GEMPARS (Generasi Muda Pariangan Sakato).
proses Pulang Basamo ini akan menyuguhkan semua bentuk kesenian anak nagari pariangan, baik talempoang, tari piriang, tari Pasambahan, Tari Galombang dan lain-lain. namun kami tidak diliput media, maklum bukan seperti pemerintahan sekarang yang tebar pesona.....heeeee
          Kegiatan Pulang Basamo ini pertama tejadi pada Tahun 2015, kami mendapatkan Apresiasi yang Luar biasa dari Bapak Drs. Irdinansyah Tarmizi (Bapak Bupati Tanah Datar) karena melakukan Alek Nagari yang sangat luar Biasa Meriahnya karena dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat dengan Rangkaian acara yang sangat Sistematis, Irdinansyah Tarmizi: Selama menghadiri acara Pulang basamo, Pariangan adalah acara yang paling meriah, saya patut mengacungkan Jempol.
Ada beberapa Rangkaian acara Pulang Basamo seperti:
1. Berbuka bersama dengan Anak Yatim.
2. Haflah Qur'an dengan Qari-Qariah terbaik Sumatera Barat
3. Pelaksanaan Idul Fitri di Lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo
4. turnamen Bola persaudaraan, Rantau vs orang Kampung
4. Bagurau samalam suntuak (saluang)
5. Acara perpisahan di Lapangan dengan berbagai macam Acara seperti: 
   a. Pacu Karung
   b. Panjat Pinang
   c. Tarik Tambang
   d. Makan Barapak basamo-samo sakampuang dengan menyembelih satu ekor Sapi dll
    Acara ini sangat meriah sekali karena dihadiri oleh unsur niniak mamak, cadiak pandai dan unsur pemerintahan nagari dan Babinkamtibnas.  

kegiatan ini adalah event yang  yang sangat kita nantikan sebagai pemuda yang berada dikampung halaman. Insyaalah acara ini akan terulang kembali pada tahun 2018 karena sudah diagendakan acara pulang Basamo, dan dengan acara yang berbeda tentunya,,, semoga  acara ini akan semakin memperkuat ukhuwah islamiyah kita sebagai Nagari tuo Pariangan dengan seribu wisata budaya... amienn

"Welcome to Pariangan Village, the Oldest Village in Minangkabau"

 









Komentar

Postingan Populer